Kabid PMD Belitung Ajak Kades Kembangkan Desa Jadi Desa Wisata

BELITUNG – Kabid PMD DPPKBPMD Kabupaten Belitung Budi Swasta Kartiman mengajak seluruh Kades se-Kabupaten Belitung mengembangkan desa menjadi Desa Wisata. Bagi desa yang belum ada destinasinya untuk disarankan untuk menggali dan memetakan potensi yag ade didesanya masing-masing.

Menurut Budi sapaan Kabid PMD Belitung, Kabupaten Belitung memiliki potensi wisata yang sangat menawan. Baik dari keadaan alam, kuliner, seni dan budaya maupun mata pencaharian penduduknya. Hal itu didukung pula dalam Program Inovatif Bupati dan Wakil Bupati Belitung.

Baca juga :

Salah satunya adalah TUSENA (Satu Desa Satu Destinasi) Kabupaten Belitung sebagai destinasi wisata yang diakui dan masuk prioritas sepuluh besar Geopark Indonesia dan salah satu Desa Pilot Projek Kementerian Pariwisata.

“Desa wisata adalah sebuah kawasan pedesaan yang dapat menyatukan bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung kepariwisataan. Ini, disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku,” kata Budi kepada dunieusaha.com, Rabu (20/3) pagi.

Kabid PMD DPPKBPMD Kabupaten Belitung menyaran, untuk mengembangkan desa menjadi Desa Wisata secara garis besarnya harus melalui tahapan lebih dulu. Diantaranya, mengenali dan menggali potensi apa saja yang ada didesa tersebut.

Sehingga dapat dijadikan sebagai obyek wisata dan mempersiapkan segala sesuatunya dengan sistematis. Agar kriteria sebuah desa wisata dapat terlaksana.