Jalan-Jalan ke Belitung Yuk, Banyak Pilihan Tempat Wisata Loh…

Keindahan alam disetiap sudut Negeri Laskar Pelangi, mulai dilirik banyak orang. Sejak tahun 2012 lalu, tamu kunjungan ke tempat wisata terus meningkat. Wisatawan nusantara dan mancanegara terus berdatangan dari waktu ke waktu. Upaya, pengembangan wisata, perlahan membuahkan hasil.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata, jumlah tempat wisata makin bertambah. Kabupaten Belitung telah mempunyai sebanyak 13 desa wisata tahun 2018 ini.

Baca juga :

Walaupun, status perkembangan desa wisata tersebut masih beragam. Karena, baru 6 desa wisata yang masuk kategori tingkat perkembangan berpotensi. Sedangkan, 7 desa wisata lainnya, berada dalam tahap berkembang.

Punya 20 Pokdarwis

Pokdarwis Pagal Giling menerima Piagam Penghargaan 2017, sebagai apresiasi terbaik III kategori pokdarwis berkembang.

Pemerintah daerah tak hanya terfokus pada pengembangan desa wisata. Tetapi, turut merangkul dan mengembangkan kelompok sadar wisata (Pokdarwis).

Update tahun ini, kabupaten Belitung telah memiliki sebanyak 20 pokdarwis. Kemungkinan, angka ini masih akan bergerak setiap tahun.

Walaupun rata-rata tahap perkembangan masih dalam embrional dan tumbuh-berkembang. Karena, baru dua pokdarwis yang mapan. Yaitu, Pokdarwis Belangkas (Tanjung Pendam) dan Pokdarwis Pagal Giling (Suak Gual).

Halaman selanjutnya