Jabatan Kepala BPS Belitung Berganti

//Azhar : Secara Beban, Saya Sudah Tenang Meninggalkan Kabupaten Belitung

PANGKAL PINANG – Berakhir sudah amanah Azhar sebagai Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Belitung. Pria kelahiran Lahat (Sumsel) itu, harus pindah ke Kabupaten Belitung Timur (Beltim) dengan posisi jabatan yang sama. Lantas, Ia menjadi Kepala BPS Belitung sudah tiga tahun satu bulan.

Posisi Azhar, kini digantikan Agung Rachmadi, yang sebelumnya menjabat Kepala BPS Bangka tengah. Pelantikan serah terima jabatan tersebut dilakukan langsung Kepala BPS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Darwis Sitorus, Selasa (26/3) tadi pagi.

Baca juga :

“Syukur alhamdulillah, saya bekerja diawali dengan senang. Senang, karena bisa kembali ke kampung, mengabdikan Dharma Bakti di Belitung melalui BPS. Belitung sudah saya anggap kampung sendiri. Istri saya asli Belitung, profesinya seorang Guru. Anak-anak saya juga lahir di Belitung. Karena pertama mengabdi tahun 1986. Tahun 2011, baru keluar Belitung, dan masuk lagi tahun 2016,” ucap Azhar kepada dunieusaha.com.

Menurut Azhar, semua pekerjaan BPS yang begitu padat berjalan lancar. Karena, merupakan salah satu BPS tingkat kabupaten yang kegiatan statistiknya cukup padat. Hampir semua survei dilaksanakan BPS. Dan, hasil sampelnya, hampir selalu terpilih.

Meski begitu, ia tak memungkiri, selama ini masih ada data statistik yang ragu dengan hasil yang direlease. Seperti, data kemiskinan yang tinggi. Tetapi, pertumbuhan ekonomi cukup bagus. Bahkan tertinggi tahun 2017 se-Kabupaten/Kota di Babel. Alhamdulillah, pemda sudah dapat membaca datanya dengan benar.

“SDM kita kurang, hanya 20 orang ditambah 3 honorer. Namun, kami bersyukur, hampir separoh SDM yang ada adalah keluaran dari POLTEK STIS (Sekolah Tinggi ilmu Statistik). Cukup kompeten. Juga memiliki loyalitas yang tinggi untuk mengemban amanat statistik, visi dan misi BPS untuk menghasilkan data statistik yang berkulitas. Serta, didukung SDM yang lain, juga kompoten dan berpengalaman,” tuturnya.

Halaman selanjutnya