Ini Penyebab Lele Rentan Stres

Ikan lele
Ikan Lele

Ikan lele yang dikenal memiliki daya tahan cukup baik ternyata rentan terhadap stres. Bahkan, sampai mengalami kematian massal. Terutama, ikan lele yang baru berumur dua hingga tiga minggu. Ini, tentu sangat merugikan petani lele. Sebab, mereka sudah mengeluar modal untuk pembelian bibit terlebih dahulu.

Namun, kondisi itu berbanding terbalik dengan ikan lele dewasa. Sebab, ikan lele yang sudah besar memiliki daya tahan cukup baik. Walaupun, terhadap air kurang mendukung, termasuk pemberian pakan berlebihan dan lain sebagainya.

Baca juga :

Usut punya usut, penyebab Ikan lele mudah mengalami stres, akibat penanganan yang kurang tepat. Contohnya, sebelum maupun sesusah melakukan sortir. Oleh karena itu, jangan sesekali mencoba memberi pakan di waktu tersebut.

Ibarat manusia, jika baru melakukan perjalanan jauh, biarkan istirahat dulu. Jika langsung dipaksakan makan, tentu akan ‘mabok’. Begitu sebaliknya, biarkan ikan lele yang baru pindah tersebut menyesuaikan diri terlebih dahulu.

Oleh karenanya, jangan pernah dipaksakan dengan memberikan pakan saat-saat penyortiran. Sebab, bukan tidak mungkin, akan berakibat fatal pada ikan. Sehingga, bukan saja mengalami stres, namun berakibat pada kematian.

Hal sama juga jangan dilakukan saat melakukan pergantian air. Baik pergantian air secara alami, dengan air sumur, maupun melalui tadah hujan. Sebab, Ph air secara tidak langsung akan berubah. Jika ingin memberikan pakan, sebaiknya tunggu hingga Ph kembali normal atau mendekatinya. (***)