Ini Penjelasan Sekda Belitung Terkait Penundaan Transfer DAU/DBH 2020

MZ Hendra Caya.

BELITUNG – Sekda Kabupaten Belitung, MZ Hendra Caya menjelaskan terkait Penundaan Penyaluran Dana Alokasi Umum (DAU) dan atau Dana Bagi Hasil (DBH) Terhadap Pemerintah Daerah Yang Tidak Menyampaikan Laporan Penyesuaian Anggaran Pendapatan Daerah dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2020.

Penundaan Penyaluran tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 10/KM.7/2020, yang dikeluarkan tanggal 29 April 2020. Kabupaten Belitung termasuk diantara 380 Kabupaten/Kota yang terancam penundaan penyaluran sebesar 35 persen.

Baca juga :

“Agar tidak terjadi kesimpang siuran di masyarakat perlu kami jelaskan bahwa, penundaan penyaluran ini berawal dari PMK Nomor 35 Tahun 2020 yang memerintah pemda melakukan refocusing pemotongan anggaran sebesar 50 persen. Namun, PMK yang dikeluarkan tanggal 17 April tersebut baru kami terima sekitar tanggal 20 April 2020,” ujar Hendra, Jumat, (1/5/2020) pagi.

Dari situ kata Hendra, pihaknya langsung mendiskusikan PMK Nomor 35 Tahun 2020 dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) termasuk OPD terkait. Sebab daerah hanya diberi waktu seminggu untuk menyelesaikannya terhitung mulai tanggal 17 April. Sementara laporannya sudah harus disampaikan ke pemerintah pusat tanggal 23 April 2020.

“Dari situ kita tanya kan ke teman-teman OPD, sebab mereka yang paling tahu mana saja anggaran yang sudah digunakan, dan mana yang belum. Jangan sampai kita potong-potong anggarannya sementara ada kegiatan yang sudah berjalan. Untuk itu kita berkesimpulan untuk menunda DAU/DBH tersebut. Sebab ini kan untuk refocusing yang kedua, kalau yang refocusing pertama sudah selesai semua,” ungkapnya.

Hendra mengakui pertimbangan terbesar untuk penundaan DAU/DBH tersebut adalah kehati-hatian. Karena itu, lebih baik ditunda untuk sementara waktu dari pada terjadi persoalan hukum dikemudian hari. Lagi pula persoalan tersebut bukan hanya dialami kabupaten Belitung, tetapi masih ada 379 kabupaten/kota yang lain.

Halaman selanjutnya