Ini Dia 3 Satker yang Berkinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik 2019 Versi KPPN Tanjungpandan

BELITUNG – KPPN Tanjungpandan menetapkan tiga satuan kerja (Satker) yang berkinerja terbaik Semester I Tahun Anggaran 2019. Tiga Satker tersebut yakni, Lembaga Pemasyarakatan Tanjungpandan (406514) dengan nilai 97.03. Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungpandan (109160) dengan nilai 96.05. Dan, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung Timur (664035) dengan nilai 95.36.

Piagam penghargaan untuk ketiga Satker itu diserahkan langsung oleh Kepala Kanwil DJPb Provinsi Bangka Belitung Alfiker Siringoringo, Selasa (24/9) pagi.

Baca juga :

Kepala KPPN Tanjungpandan, Rd Yen Yen Nuryeni menjelaskan penilaian Satker yang berkinerja terbaik tidak hanya berdasarkan seluruh Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA). Namun juga dilihat dari ketepatan penyampaian gaji induk dan LPJ Bendahara.

“Semoga apresiasi ini menjadi stimulasi para pimpinan kantor vertikal ataupun para KPA dalam mengelola anggaran. Dan menjadi motivasi pula untuk membenahi kinerja pelaksanaan anggaran dari waktu ke waktu. Sebab, mereka bisa melihatnya melalui Data IKPA periodik KPPN yang disampaikan,” kata ibu tiga anak itu kepada dunieusaha.com.

Untuk diketahui bersama, IKPA adalah indikator yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan selaku BUN untuk mengukur kualitas kinerja pelaksanaan anggaran belanja Kementerian Negara/Lembaga. Baik dari sisi kesesuaian terhadap perencanaan, efektivitas pelaksanaan anggaran, efisiensi pelaksanaan anggaran maupun kepatuhan terhadap regulasi.

Karena itu, IKPA sangat membantu para pimpinan ataupun KPA dalam mengambil keputusan manajerial. Khususnya untuk mempercepat kinerja pengelolaan keuangan yang menjadi salah satu faktor pendukung tercapainya kinerja teknisnya. Namun, dengan adanya pengukuran kinerja tersebut melalui IKPA, diharapankan akan terjamin ketercapaian keluaran/output (output delivery). (rel)