Imigrasi Tanjungpandan Siap Menuju WBK-WBBM

BELITUNG – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungpandan mulai mencanangkan program zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Sejumlah agenda dan kerjasama dengan instansi terkait sudah disusun untuk segera digarap secara bertahap dalam waktu dekat ini.

Sebelumnya, Kanim Kelas II TPI Tanjungpandan sudah melakukan beberapa kali studi banding ke berbagai instansi yang sudah lebih dulu menyandang status WBK. Diantaranya Kejari Belitung, Kanim Kelas II TPI Cirebon, Kanim Kelas II Non TPI Blitar, Polresta Sidoarjo dan Polrestabes Surabaya.

Baca juga :

“Kami seluruh pegawai Kantor Imigrasi Tanjungpandan berkomitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi untuk peningkatan kualitas pelayanan publik. Dan kami, harus memenuhi kriteria di enam area perubahan. Yakni manajemen perubahan, penataan tata laksana. Penataan sistem manajemen SDM. Penguatan pengawasan. Dan penguatan akuntabilitas kinerja. Hal ini juga merupakan target kinerja kami untuk mewujudkan satker kami menjadi satker yang berpredikat WBK,” kata Kakanim Kelas II TPI Tanjungpandan Dewanto Wisnu Raharjo kepada dunieusaha.com, Selasa (12/3) siang.

Menurut Wisnu sapaan akrab Kakanim Kelas II TPI Tanjungpandan, dalam waktu dekat ini pihaknya akan melaksanakan sosialisasi di dua kabupaten di Pulau Belitung. Yakni, di Kabupaten Belitung Timur dan Kabupaten Belitung. Sosialisasi itu terkait pengawasan orang asing sampai tingkat kecamatan. Sebab, akan dibentuknya Tim Pengawasan Orang Asing (Tim PORA) sampai tingkat kecamatan di 2 kabupaten tersebut.

“Kami akan mengadakan sosialisasi terlebih dahulu mengenai Pengawasan Keimigrasian dan Tim Pengawasan Orang Asing kepada unsur anggota Tim PORA tingkat kecamatan. Baik di Belitung dan Belitung Timur. Setelah itu, kami akan bentuk dan kukuhkan dalam wadah Rapat Koordinasi Tim PORA tingkat Kecamatan,” sebutnya. (rel)