Imigrasi Tanjungpandan dan Kejari Belitung Teken Kesepakatan Bersama

//Tentang Bantuan Penanganan Permasalahan Hukum Bidang Datun

BELITUNG – Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II TPI Tanjungpandan dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Belitung melakukan penandatanganan kesepakatan bersama tentang bantuan penanganan permasalahan hukum di Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun).

Memorandum of Understanding (MoU) ditandatangani Kakanim Kelas II TPI Tanjungpandan Dewanto Wisnu Raharjo, SH dan Kajari Belitung Sekti Anggraini, SH, MH, di Ruang Rapat Kanim Kelas II TPI Tanjungpandan, Rabu (10/4) pagi. Kerjasama ini, berlaku hingga satu tahun ke depan, baru yang pertama diantara kedua instansi.

Baca juga :

Kajari Belitung Sekti Anggraini mengatakan, bantuan penanganan permasalahan hukum ini dalam aspek pertimbangan hukum. Yaitu, berupa pendampingan maupun kegiatan sisa konstruksi. Kebetulan Kantor Imigrasi Tanjungpandan, berencana akan melakukan rehab gedung. Namun sebelum kegiatan dimulai, sudah berkoordinasi lebih dulu.

“Tim Jaksa dalam fungsinya sebagai Pengacara Negara, akan membantu melakukan pendampingan dari awal perencanaan sampai akhir pelaksanaan. Aspek-aspek hukumnya yang kita dampingi,” kata Kajari Belitung kepada dunieusaha.com.

Wanita kelahiran Surabaya itu menjelaskan, kerjasama ini tidak hanya terpaku pada pengadaan konstruksi saja. Namun, juga dapat untuk kegiatan-kegiatan lain, yang masih berkaitan dengan Bidang Datun. Bantuan hukum, bukan hanya untuk Kantor Imigrasi Tanjungpandan, tetapi berlaku bagi institusi pemerintahan lainnya termasuk BUMN/BUMD.

“Aspek Bidang Datun kan luas. Dan kita, juga mempunyai yang namanya pertimbangan hukum, pelayanan hukum, bantuan hukum, tindakan hukum lain maupun penegakan hukum. Karena itu, banyak sekali hal-hal yang bisa kita sinergikan bersama. Tidak ada status penindakan yang tanpa didahului dengan pencegahan,” tandas Sekti Anggraini.

Halaman selanjutnya