Hore Cair, Pemkab Belitung Siapkan Rp14,8 Milyar untuk THR ASN

Yudi Dharma.

BELITUNG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung mulai bersiap-siap memberikan tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan kerjanya.

Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Belitung, Yudi Dharma mengatakan mulai hari ini tanggal 4 Mei 2021, proses pembayaran gaji ke-14 sudah mulai dilakukan. Sebab, masing-masing OPD sudah mulai mengajukan SPM untuk penerbitan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D).

Baca juga :

“Mudah-mudahan besok sudah mulai masuk ke rekening masing-masing pegawai. Karena kita pembayarannya sudah non tunai (cashless). Namun semuanya tergantung cepat lambatnya OPD menyampaikan SPM. Kalau ada yang lambat, maka pembayarannya juga akan lambat. Tetapi untuk daftar pembayaran sudah dicetak seluruhnya,” kata Yudi, Selasa (4/5/2021) siang.

Menurut Yudi, pemberian tunjangan hari raya dan gaji ketiga belas ini sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2021. Yakni gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan dan tunjangan jabatan/tunjangan umum sesuai jabatan atau pangkat masing-masing pegawai.

“Kalau Tukin (tunjangan kinerja) tidak masuk dalam komponen penghitungan. Ini sesuai arahan dari pemerintah pusat. Jadi pembayaran gaji ke-14 tahun ini hanya gaji pokok dan tunjangan yang melekat saja. Termasuk gaji ke-13, semua komponennya sama. Hanya saja gaji ke-13 ini dibayarkan paling cepat Bulan Juni 2021,” ujarnya.

Meski demikian, sambung Yudi, anggaran yang dialokasikan untuk gaji ke-14 tahun ini sekitar Rp.14,8 Milyar. Total tersebut direncanakan untuk pembayaran sekitar 3.371 PNS.

“Tahun ini semua PNS dapat tanpa melihat golongan/ jabatan/ eselon. Termasuk Bupati/Wabup dan Anggota DPRD juga berhak mendapatkan gaji ke-14nya,” pungkasnya. (iwan)