HJKT ke-181, Kabid PMD Belitung Harap Tanjungpandan Bisa Jadi Kotamadya

Budi Swasta Kartiman

BELITUNG – Kabid PMD DPPKBPMD Kabupaten Belitung, Budi Swasta Kartiman memiliki dua harapan di Hari Jadi Kota Tanjungpandan (HJKT) ke-181. Pertama menjadikan Tanjungpandan sebagai Kotamadya. Kedua, Kabupaten Belitung bisa mempunyai OPD Tata kota dan Tata Ruang sendiri.

“Saya berharap ke depan, kita dapat membentuk OPD Tata kota dan Tata Ruang. Supaya, Kota Tanjungpandan terlihat tambah cantik dan tertata. Ini juga untuk mendukung Kabupaten Belitung yang merupakan salah satu dari 10 Destinasi Wisata Prioritas Nasional,” kata Budi Swasta kepada dunieusaha.com, Senin (1/7) siang.

Baca juga :

Sebagai Putra Daerah, ayah tiga anak ini juga menginginkan, Ibukota Kabupaten Belitung menjadi Kotamadya. Namun, ia menyadari perlu adanya pemekaran desa dan peningkatan status desa menjadi kelurahan. Misalnya, dibahas melalui FGD dengan lintas OPD.

“Harapan saya demikian. Tetapi ini harus ada, political will (kemauan politik) Kepala Daerah dan DPRD. Disamping mendengarkan aspirasi dari bawah (bottom up),” ucapnya.

Budi Swasta Kartiman optimis, ke depan, Tanjungpandan bisa menjadi Kotamadya. Asalkan, pemekaran desa diperkuat. Terutama, di desa terluar dan pinggiran dengan melihat IDM (Indeks Desa Membangun). Dan ada politikal will kepala daerah dan DPRD.

“Sebab, desa-desa baru hasil pemekaran Kecamatan Tanjungppandan, secara aturan bisa dievaluasi setelah lima tahun. Dan, ada tim juga yang akan mengkajinya,” pungkasnya. (iwan)