Hari Juang Kartika, Kodim Belitung Gelar Penanaman Pohon

BELITUNG – Kodim 0414/Belitung melaksanakan, penanaman pohon bersama komponen masyarakat, di sekitar Sirkuit Offroad Desa Juru Seberang, Kecamatan Tanjungpandan, Senin (10/12) pagi. Penghijauan ini, dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika, bertema “TNI AD Mengabdi dan Membangun Bersama Rakyat.”

Kegiatan ini dihadiri, Asisten I Pemkab Belitung Mirang Uganda. Wakil Ketua I DPRD Belitung Budy Prastiyo. Dandim 0414/Belitung Letkol Inf Indra Padang. Danlanud H AS Hanandjoeddin Letkol Pnb Akal Juang. Kapolres Belitung AKBP Yudhis Wibisana. Kasatbrimob Belitung Kompol Dody. Danpos AL Belitung Lettu Laut Dimun. Kades Juru Seberang Darsono. Kelompok HKM Desa Juru Seberang dan tamu undangan lainnya.

Baca juga :

Dalam sambutannya, Dandim 0414/Belitung Letkol Inf Indra Padang mengatakan, sebagaimana diketahui bersama, bahwa hutan yang dimiliki merupakan karunia dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Pohon, tumbuh secara alami sebagai aset kekayaan alam yang bermanfaat sebagai kepentingan umat manusia. Utamanya, dalam mengendalikan fungsi penyerapan air maupun dijadikan sumber devisa.

“Pemanfaatan hutan yang tidak terkontrol pada masa lalu demi kepentingan pribadi tanpa memperhatikan aspek lingkungan, mengakibatkan rusaknya struktur tanah. Oleh karenanya, berdampak pada terjadinya lahan kritis dan tandus. Sehingga terjadi ketidakseimbangan lingkungan hidup,” ujarnya.

Letkol Inf Indra Padang menekankan, menyikapi kondisi ini Kodim 0414/Belitung berupaya melaksanakan penghijauan berupa penanaman pohon dari berbagai jenis. Wujud nyata yang dilaksanakan ini, tidak terlepas dari kerja sama. Antara Pemda Kabupaten Belitung, HKM Juru Seberang Bersatu dan masyarakat Desa Juru Seberang.

“Sebab, dari tahun ke tahun kondisi hutan yang ada semakin kritis, gunung dan perbukitan mengalami penggundulan. Akibatnya terjadi pemanasan global yang mengganggu kenyamanan hidup umat manusia. Untuk itu, ini sebagai wujud kepedulian kita semua dalam mendukung program pemerintah dalam rangka penghijauan lingkungan,” ujarnya.

Halaman selanjutnya