Empat Desa Mendanau Dapat Pembinaan BUMDesa

BELITUNG – DPPKBPMD Kabupaten Belitung melakukan Pembinaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Tahun 2019, di Kecamatan Selat Nasik. Empat Desa Pulau Mendanau, yang mendapatkan pembinaan tersebut, yakni, Desa Selat Nasik, Desa Petaling, Desa Suak Gual dan Desa Pulau Gresik.

Materi Pembinaan BUMDesa tahun ini adalah Kebijakan Pemerintah Kabupaten terhadap BUMDesa, disampaikan Kabid PMD DPPKBPMD Kabupaten Belitung, Budi Swasta Kartiman.

Baca juga :

Sementara, Materi Pendirian, Pembentukan dan Pengelolaan Bumdesa disampaikan oleh Kasi UEM/TTG DPPKBPMD Kabupaten Belitung, Ismail.

Materi Pembukuan dan Pelaporan Keuangan BUMDesa dari Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa (PED) diberikan Rohmadi.

“Sampai tahun 2019 ini sudah ada 33 BUMDesa dan satu BUMDesa bersama. Satu BUMDesa bersama ini diberi nama Mendanau Sejahtera. Mereka terdiri dari empat desa di Kecamatan Selat Nasik,” kata Kabid PMD DPPKBPMD Kabupaten Belitung, Jum’at (22/3) pagi.

Budi Swasta Kartiman menyebutkan, BUMDesa yang ada rata-rata bergerak di bidang sewa alat resepsi, e-BRILINK dan isi ulang Liquified Petroleum Gas (LPG).

“Selain itu, BUMDesa mendanau juga bergerak di bidang sewa sarana prasarana pertanian (Saprotan), penjualan pupuk dan lain-lain,” singkat Budi Swasta Kartiman. (rel)