DPRD Babel Puji Kinerja Bumdes Air Batu Buding

BELITUNG – Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Hellyana, SH memuji kinerja Pemerintah Desa (Pemdes) Air Batu Buding, Kecamatan Badau, khususnya dalam mengelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Namun, Politisi PPP itu tetap mengingatkan supaya Bumdes tidak hanya bekerja untuk mencari keuntungan, tetapi juga beroreantasi terhadap kesejahteraan masyarakat.

“Desa Air Badung Buding ini sudah hebat. Karena unit usaha mereka telah berjalan dan berkembang. Mulai dari simpan pinjam, kredit perumahan dengan bunga nol persen, kontrakan-kontrakan ruko untuk usaha masyarakat, angkutan cpo dan lain sebagainya,” ujar Hellyana, Kamis (11/6/2020) usai mengujungi Pemdes Air Batu Buding bersama Anggota DPRD Babel Dapil Belitung lainnya.

Baca juga :

Lebih dari itu, kata perempuan berhijab ini, Bumdes sudah bisa memberikan csr untuk 25 KK yang belum mempunyai jamban dan lain sebagainya. Hellyana juga memuji semangat gotong royongnya. Sebab secara sosial mereka kompak iuran setiap bulan untuk membeli hewan kurban yang akan dipotong pada Hari Raya Idul Adha.

“Namun saya tetap berpesan, sebab pada prinsipnya Bumdes itu bekerja tidak hanya untuk mencari keuntungan saja, namun beroreantasi terhadap kesejahteraan masyarakat. Misalnya usaha gas elpiji, dijual seharga Rp16 Ribu mengikuti petunjuk. Walaupun dilain tempat banyak yang menjual diatasnya diharga tersebut,” ungkapnya.

“Tetapi mereka tetap berharap kedepannya supaya Bumdes berkembang. Khusus gas elpiji ini juga diharapkan dipegang oleh Bumdes dan diatur oleh Perda. Namun regulasi itu juga termasuk penunjukan agen atau distributor untuk Bumdes. Sehingga bisa bersaing dan menjadi induk dari warung-warung kecil milik masyarakat. Ini juga demi menghidupkan ekonomi masyarakat desa dan bumdes bisa berkembang dengan baik,” ucapnya sembari mengatakan aspirasi yang sama juga disampaikan hampir seluruh desa.

Menurut Hellyana, masalah pertumbuhan ekonomi ini sangat penting. Sebab, desa/kelurahan adalah ujung tombak berkembangnya sebuah daerah.

“Apalagi saat pendemi seperti saat ini. Disatu satu sisi kita dituntun harus berfikir supaya ekonomi tetap berjalan, namun di sisi lain kita juga harus berjuang untuk melawan Covid-19 dengan meningkatkan kewaspadaan dan kedisiplinan mengikuti aturan-aturan dan ketetapan yag ada. Semoga ke depan ujian ini membawa kebaikan dan menjadikan kita lebih baik lagi.” harapnya. (iwan)