DPPKBPMD Kabupaten Belitung Ikut Kegiatan Penataan Kewenangan Desa TA 2019

PANGKALPINANG – DPPKBPMD Kabupaten Belitung bersama stakeholder terkait mengikuti Kegiatan Penataan Kewenangan Desa Tahun Anggaran (TA) 2019 Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kegiatan ini dibuka resmi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, H Yuliswan di Grand Puncak Lestari Hotel Pangkal Pinang, Rabu (31/7) pagi.

Baca juga :

Kabid PMD, DPPKBPMD Kabupaten Belitung, Budi Swasta Kartiman mengatakan, kegiatan ini berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 6 tahun 2014. Dan menindaklanjuti pasal 37 ayat 2 PP 43 tahun 2014. Serta, Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 44 tahun 2016.

Oleh karena itu, kegiatan tersebut diikuti perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menangani Pemdes, bagian hukum dan perwakilan Kepala Desa (Kades) di enam kabupaten se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Budi Swasta Kartiman menambahkan, kegiatan tersebut diharapkan agar desa-desa hendaknya mempercepat membuat Peraturan Desa (Perdes). Daftar kewenangan desa berdasarkan hak usul dan kewenangan lokal berskala desa. Namun, tetap difasilitasi oleh kabupaten dan kecamatan.

“InsyaAllah, siang nanti materi akan diisi oleh Direktur Penataan dan Administrasi Pemerintahan Desa,” kata Kabid PMD Kabupaten Belitung kepada dunieusaha.com.