Divisi Keimigrasian Kemenkumham Babel Sosialisasi Poltekim & Paspor RI di SMKN 2 Tanjungpandan

//Eko Budianto : Mudah-mudahan Sosialisasi ini Menjadi Inspirasi Bagi Putra/Putri Daerah
(kiri) Kadiv Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Babel Eko Budianto menyerah cenderamata kepada Kepala Sekolah SMKN 2 Tanjungpandan Suwandi.

BELITUNG – Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kepulauan Bangka Belitung (Babel) sosialisasikan Politeknik Imigrasi (Poltekim) dan Paspor, di SMKN 2 Tanjungpandan, Kamis (25/7) pagi. Poltekim adalah Sekolah Kedinasan Kemenkumham yang mencetak kader pimpinan di lingkungan Ditjen Imigrasi dan Kemenkumham RI.

Sekolah di Poltekim sangat menjanjikan masa depan bagi generasi penerus bangsa. Sebab, baru menjadi Taruna/Taruni tingkat dua saja, sudah digaji oleh negara. Dan tingkat tiganya, sudah berstatus sebagai ASN. Lebih dari itu, biaya pendidikan ditanggung pemerintah.

Baca juga :

Eko Budianto.

Begitu pula dengan ikatan dinas, bukan hanya ditempatkan di seluruh kantor Imigrasi di wilayah NKRI. Namun, bisa juga ditempatkan di Kantor Perwakilan Imigrasi di luar negeri.

Kadiv Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Babel, Eko Budianto mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk menambah wawasan siswa/siswi SMKN 2 Tanjungpandan. Khususnya tentang Poltekim dan Keimigrasian.

Sebab, SMK merupakan sekolah siap kerja. Bukan tidak mungkin, diantara anak-anak tersebut akan ada yang melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi atau bekerja di luar negeri yang membutuhkan visa dan paspor. Apalagi, pihak sekolah berpotensi melakukan kerjasama dengan negara lain untuk memperkerjakan dan menyekolahkan anak didiknya ke luar negeri.

“Mudah-mudahan sosialisasi ini menjadi inspirasi bagi putra/putri daerah Babel, agar bisa sebagai pejabat Imigrasi masa depan dan paham wawasan Keimigrasian. Sebab, berdasarkan data grafik, masih sedikit jumlah pejabat Imigrasi yang berasal dari Babel maupun mereka yang sekolah di Poltekim,” kata Eko Budianto kepada dunieusaha.com.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 2 Tanjungpandan, Suwandi menyambut baik kegiatan Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Babel tersebut. Dan menjadi suatu kehormatan baginya.

Baca Halaman Selanjutnya…

Halaman Selanjutnya