Direktur RSUD Belitung Tegaskan Semua Alkes Berfungsi dengan Baik

//Dapat Digunakan untuk Pelayanan Pasien Sesuai Peruntukannya
Dr Hendra, SpAn

BELITUNG – Direktur RSUD H Marsidi Judono Kabupaten Belitung, dr Hendra SpAn membantah Alat Kesehatan (Alkes) RSUD H Marsidi Judono Kabupaten Belitung tidak berfungsi. dr Hendra SpAn menegaskan, semua Alkes RSUD H Marsidi Judono masih berfungsi baik dan tidak mangkrak begitu saja. Pernyataan ini menanggapi beredarnya foto Alkes milik RSUD Belitung di Media Sosial (Medsos).

“Tidak benar (tidak berfungsi). Semua masih berfungsi baik. CT Scan misalnya, satu tahun ini telah kita fungsikan. Sudah lebih ratusan pasien yang menggunakan alat tersebut,” tegas dr Hendra SpAn, Senin (25/2) pagi.

Direktur RSUD Belitung itu mengatakan, CT Scan sekarang kondisinya bukan tidak bisa difungsikan. Namun, ada kendala pada AC (air conditioner) diruangan, dan saat ini sedang dalam perbaikkan. Untuk itu, dr Hendra SpAn kembali menegaskan, CT Scan tidak rusak.

Baca juga :

“CT Scan ini sudah kontrak servis dengan prinsiple alatnya dan 24 jam diawasi secara sistem online oleh pembuat alat tersebu. Sehingga sebelum ada kerusakan tim prinsiple sudah tahu kalau alat tersebut perlu perawatan atau pergantian spare part. Jadi tidak mungkin alat itu tidak berfungsi. CT Scan insyaAllah dengan berfungsi, dan terbukti sudah banyak pasien yang menggunakannya,” ucap dr Hendra SpAn.

Begitu pula untuk Alkes C-Arm Radiografi dan Fluoroscopy. Kata dr Hendra SpAn, alat ini digunakan untuk ronsen di kamar operasi oleh spesialis bedah, ortopedi, bedah urologi, anestesi pain intervensi dan radiologi intervensi.

“Alat ini baru pengadaannya akhir tahun 2018 kemarin. Sekarang masih dalam proses pengurusan izin ke Bapeten (Badan Pengawas Tenaga Nuklir). Jadi bukan tidak digunakan. Bahkan sudah diuji coba juga pada saat test uji fungsi pada dua pasien dislokasi sendi (sendi tangan dan bahu). Dan alat itu, sangat membantu spesialis bedah tulang dalam melakukan monuver koreksi dislokasi sendi tersebut berhasil dengan baik,” tandasnya.

Halaman selanjutnya