Dinas Pariwisata Belitung Berikan Pembinaan Homestay Selat Nasik

//Untuk Meningkatkan Peran Masyarakat Dalam Pembangunan Kepariwisataan

BELITUNG – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Belitung memberikan Pembinaan Homestay kepada stakeholder kepariwisataan Kecamatan Selat Nasik, di Gedung Serba Guna Desa Petaling, Kamis (3/10) pagi. Kegiatan peningkatan kapasitas masyarakat di destinasi pariwisata ini dibuka Kepala Dispar Kabupaten Belitung, Hermanto.

Materi yang diberikan pada kegiatan ini adalah Pengelolaan Homestay Desa Wisata (Kabid Pengembangan Masyarakat Pariwitasa, Asdep SDMHAL, Deputi Bidang KIP Kemenpar RI, Dra Ambar Rukmi, Mpd). Pelayanan Prima dalam Pengelolaan Homestay Desa Wisata (GM Maxone Belstar Belitung, Martin P Gultom, S.ST.Par.MBA).

Baca juga :

Selain itu ada juga materi tentang Manajemen Pengelolaan Homestay Desa Wisata oleh Pokdarwis (Ketua Pokdarwis Pagal Giling). Best Practise, Hospitality dan Pemasaran Homestay dari Homestay Panji dan Vadila (Jumhadi), Homestay Pak Maie (Suryana). Pertemuan Forkom Pokdarwis Kecamatan Selat Nasik (Ketua Forkom Pokdarwis).

Kabid Pengembangan Masyarakat, Asdep Pengembangan SDM dan Hubungan Antarlembaga, Deputi Bid. Industri dan Kelembagaan Pariwisata, Kemenpar RI mengatakan, Pembinaan Homestay dilakukan untuk meningkatkan kapasitas usaha masyarakat di Bidang Homestay. Namun harus tetap sesuai dengan standar Asean.

“Pengembangan Homestay di Belitung ini cukup pesat. Namun di daerah pinggiran seperti di Desa Selat Dasik, Desa Gual, Desa Petaling, masih perlu motivasi dan promosi bersama oleh stakeholder. Termasuk juga perbaikan fasilitas, masih diperlukan,” kata Ambar Rukmi.

Senada, Kasi Tata Kelola Destinasi dan Pemberdayaan Masyarakat, Dispar Kabupaten Belitung, Natasia, SS mengatakan, kegiatan ini bakal berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 3 hingga 4 Oktober 2019.

Halaman selanjutnya