Dinas Pariwisata Belitung Bakal Terapkan Strategi ini Dongkrak Sektor Pariwisata Tahun 2020

Hermanto.

BELITUNG – Tidak terasa waktu berjalan begitu cepat. Sebentar lagi tahun 2019 akan segera berakhir. Momen pergantian tahun diharapkan mampu menumbuhkan semangat baru. Sehingga selalu dimudahkan dalam menghadapi berbagai tantangan dimasa mendatang. Khususnya di Tahun 2020.

“Saya selalu berharap, semoga pariwisata Belitung semakin baik. Sehingga menjadi lokomotif pembangunan dan pengembangan ekonomi kabupaten Belitung,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Hermanto, kepada dunieusaha.com, Senin (30/12) siang.

Baca juga :

Belitung merupakan salah satu dari 10 Destinasi Pariwisata Prioritas Nasional yang ditetapkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata tahun 2016 lalu. Sebagai Destinasi Pariwisata daerah Pariwisata Belitung dikenal sebagai Negeri Laskar Pelangi.

Letaknya sangat strategis. Sebab tidak jauh dari Ibu Kota Jakarta. Jarak tertempuh perjalanan melalui jalur penerbangan udara hanya 45 menit dari Bandara Soekarno Hatta (Cengkareng) ke Bandara Udara H. AS Hanadjoeddin (Tanjungpandan).

“Tahun 2020 strategi utama kita dalam mendongkrak sektor Pariwisata adalah dengan meningkatan kualitas pengelolaan destinasi. Terutama yang berkaitan dengan sumberdaya pengelola yang berbasis Community based tourism (CBT) dan Desa wisata,” ujar Hermanto.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Belitung, strategi tersebut merupakan salah satu solusi setelah dilakukan evaluasi perjalanan sektor kepariwisataan Belitung dalam waktu setahun terakhir.

“Selain itu, strategi yang akan kami lakukan dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Belitung ini adalah dengan meningkatkan jumlah dan kualitas event kepariwisataan. InsyaAllah tahun depan kami akan menggelar 88 event kepariwisataan,” tandas Hermanto sembari mengucapkan Selamat Tahun Baru 2020. (iwan)