Dikunjungi Pelajar SMP Anugrah, Lapas Tanjungpandan Berikan Edukasi

BELITUNG – Dalam rangka mewujudkan keterbukaan informasi publik dan merubah pandangan negatif masyarakat terhadap Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Lapas Kelas IIB Tanjungpandan memberikan edukasi kepada puluhan siswa-siswi SMP Anugrah Tanjungpandan melalui kegiatan kunjungan belajar, Rabu (19/2/2020) siang.

Bertempat di Aula Utama Lapas Kelas IIB Tanjungpandan, sebanyak 50 Pelajar yang didampingi Guru Pendamping mengikuti Paparan mengenai Program Pembinaan di Lapas Kelas IIB Tanjungpandan yang disampaikan oleh Seksi Binapi Giatja.

Baca juga :

Dalam kesempatan tersebut, Kasubsi Registrasi dan Bimkemas, Bastian, S.AP menyampaikan materi terkait Program Pembinaan di Lapas Kelas IIB Tanjungpandan. Bastian, S.AP juga memaparkan, bahwa di Lapas juga memiliki sekolah yang bisa diikuti oleh WBP.

“Jadi saudara-saudara kita disini sekolah juga, namanya Pendidikan Kesetaraan Kejar Paket,” ujar Bastian.

Selanjutnya Bastian menjelaskan, bahwa Lapas merupakan tempat pembinaan, bukan pembinasaan. Salah satu contoh, hak yang dimiliki narapidana terdapat dalam Pasal 14 ayat (1) huruf d UU Pemasyarakatan. Yakni, mendapatkan pelayanan kesehatan dan makanan yang layak.

Selain itu, juga tertuang dalam Pasal 19 ayat (1) PP 32/2009. Bahwa, setiap narapidana berhak mendapatkan makanan dan minuman sesuai dengan jumlah kalori yang memenuhi syarat kesehatan.

Halaman selanjutnya