Desa Air Batu Buding Potong 5 Sapi dan 1 Kambing Kurban

BELITUNG – Desa Air Batu Buding, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung memotong sebanyak enam hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1441Hijriah/2020Masehi, Jum’at (31/7/2020) pagi. Keenam hewan kurban tersebut, yaitu sebanyak lima ekor sapi dan satu ekor kambing.

Kepala Desa (Kades) Air Batu Buding, Isnanto mengatakan keenam hewan kurban itu merupakan sumbangan warga, koperasi setempat dan juga bantuan corporate social responsibility (CSR) dari beberapa perusahaan yang ada di sekitar Desa Air Batu Buding.

Baca juga :

Diantaranya, PT Rebinmas Jaya menyumbang 1 ekor sapi, PT Bumi Hero Perkasa menyumbang 1 ekor sapi dan Koperasi Sumber Rezeki menyumbang 1 ekor sapi. Sedangkan beberapa hewan kurban lainnya merupakan hewan qurban milik warga setempat.

“Betul tahun ini terdapat penurunan jumlah pemotongan hewan kurban disini. Penurunan ini disebabkan oleh dua faktor, yaitu dampak dari pandemi Covid-19 dan masa panen sahang (lada putih) milik warga baru dimulai. Namun, kami tetap mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat dan perusahaan-perusahaan yang mana sudah menyisihkan rezekinya,” ucap Isnanto.

Melalui momentum Hari Raya Idul Adha tahun ini, Kades Air Batu Buding mengajak seluruh warganya meneladani sikap rela berkorban untuk memajukan desa demi kesejahteraan bersama.

“Untuk pembagian hewan kurban ini kita mengutamakan warga kita dulu. Misalkan masyarakat kami sudah dapat dan ada lebih, baru kita bagi kan keluar terutama untuk pengurus mesjid desa-desa tetangga. Jadi setelah pembagian baru bisa diketahui kemana sisa daging tersebut akan kita bagikan nanti,” pungkasnya. (iwan)