Danlanud ASH dan Kapolres Belitung Resmikan Lapangan Tembak Astra Jingga

BELITUNG – Komandan Lanud H AS Hanandjoeddin (Danlanud ASH) Letkol Pnb Akal Juang bersama Kapolres Belitung AKBP Yudhis Wibisana meresmikan Lapangan Tembak Astra Jingga. Peresmian ditandai dengan membuka tirai plang nama oleh Danlanud ASH dan Kapolres Belitung, Rabu (27/3) pagi.

Lokasi lapangan tembak ini berada di Desa Buluh Tumbang, dekat Bandara H AS Hanandjoeddin, Tanjungpandan. Luas lahan sekitar 3 hektar, dengan ukuran panjang 300 Meter dan lebar 100 Meter. Ini bisa digunakan untuk Senapan Laras Panjang, Organik standar TNI yang berjarak 200 meter dan Sniper jarak 300 meter. Namun, tempatnya cukup terjaga dari pemukiman warga.

Baca juga :

“Pagi ini kami meresmikan lapangan tembak darat Lanud H AS Hanandjoeddin, sebagai sarana berlatih Prajurit TNI Angkatan Udara (AU). Kita juga mengundang rekan-rekan dari TNI-Polri dan instansi vertikal yang ada di Belitung. Serta, masyarakat Belitung untuk menyaksikan Lapangan Tembak Astra Jingga yang kita miliki,” kata Danlanud H AS Hanandjoeddin.

Letkol Pnb Akal Juang menjelaskan, selain dapat digunakan Prajurit Lanud H AS Hanandjoeddin, lapangan tembak ini juga terbuka untuk Anggota TNI-Polri di Belitung. Termasuk diperbolehkan untuk rekan-rekan, yang ingin mengadakan even-even lomba menembak.

“Dibukanya lapangan tembak astra jingga ini, diharapkan menjadi wadah bagi prajurit untuk berlatih. Digunakan betul-betul selayaknya. Dan, tidak mengganggu aktivitas masyarakat yang ada di Belitung,” pesannya.

Lulusan terbaik SeskoAU 2013 itu menyebutkan, dalam membangun lapangan tembak ini pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait. Sehingga, sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan, termasuk memenuhi standar keselamatan dalam olahraga menembak.

“Kami mohon do’a restu dari seluruh masyarakat, semoga lapangan tembak ini betul-betul bermanfaat dan berguna. Terutama, untuk melatih Prajurit TNI-Polri yang ada di Belitung, serta meningkatkan animo olahraga menembak. Sebab, olahraga ini cukup populer. Mudah-mudahan ke depan Belitung memiliki atlit tembak, yang bisa berlaga pada even tingkat Nasional maupun Internasional,” harapnya. (rel)