Bupati Belitung Resmikan Program PELANDUK

BELITUNG – Bupati Belitung, Sahani Saleh, S. Sos meresmikan Program Pelayanan Medik Untuk Kampung (PELANDUK) di UPT Puskesmas Badau Kecamatan Badau, Senin (25/2) pagi. Program PELANDUK merupakan salah satu dari 16 (enam belas) program inovasi dari Bupati dan Wakil Bupati Belitung periode 2018-2023.

“Program ini dibuat karena mengadopsi kebutuhan masyarakat. Harapannya semoga dengan program ini, pelayanan dalam hal kesehatan bisa diberikan secara prima,” ujar Sahani.

Baca juga :

Sahani menjelaskan, kata ‘Pelanduk’ memiliki filosofi tersendiri. Pelanduk merupakan bahasa daerah Belitung yang artinya kancil. “Kancil adalah binatang yang cerdik dan cepat. Cerdik dan cepatnya pelanduk ini lah yang ingin ditiru sebagaimana cerita kancil dan buaya,” jelas Sahani.

Penjelasan lebih rinci mengenai program PELANDUK dijelaskan oleh Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, S.Sn, M.Si. Program PELANDUK terintegrasi dengan call center 119 dan kartu SEHATI.

Untuk operasional program ini, telah disediakan 7 (tujuh) unit sepeda motor yang tersebar di Puskesmas Kabupaten Belitung. Pasien yang membutuhkan pertolongan terlebih dahulu menghubungi 119, dan apabila sesuai kriteria sakitnya, maka akan dilakukan ‘jemput bola’ di kediaman pasien.

Pada kesempatan ini juga dilakukan peresmian UGD 24 jam pada UPT Puskesmas Badau. Puskesmas Badau sendiri telah dibuat sesuai dengan standar nasional. Sehingga walaupun lokasinya di desa namun tetap bisa memberikan pelayanan optimal. (Siti Rofiqoh/IKP/Diskominfo)