Bupati Belitung, Maras Taun Salah Satu Acara Adat Belitong

BELITUNG – Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) menghadiri acara Maras Taun di Dusun Aik Kalak, Desa Pelapak Pute, Kecamatan Sijuk. Acara selamat kampong ini bertempat di Rumah Dukun Kampong Dusun Aik Kalak, Minggu (10/2) pagi.

“Kami selaku panitia mengucapkan banyak terima kasih kepada Bupati Belitung dan tamu undangan lainnya. Karena, telah berkenan hadir di acara ini,” kata Mardani, panitia Maras Taun, Dusun Aik Kalak.

Baca juga :

Mardani juga mengucapkan banyak terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu dalam acara ini. Sehingga, Maras Taun Dusun Aik Kalak tahun 2019 bisa terlaksana dengan baik.

Sementara itu, Bupati Belitung Sahani Saleh mengatakan, acara ini merupakan salah satu acara adat Belitong. Yakni, sebagai tanda ucapan syukur dari masyarakat atas segala rezeki yang diberikan oleh Allah SWT.

“Acara selamat kampong ini biasanya kita lakukan setiap tahun. Sebab, masyarakat kita ada petani, nelayan dan lainnya. Selain itu, makna dari maras taun ini untuk menjauhkan segala macam musibah,” ujarnya.

Tak lupa, Sanem sapaan akrab Bupati juga berpesan kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan alam sekitar. Sebab, tanah Belitung memiliki keberagamaman, kekayaan alam, tanah yang subur dan kaya akan budaya. (rel)