Bupati Belitung, Koperasi Harus Memiliki Kesiapan & Bekal Sumber Daya yang Handal

//Didasari Oleh Tekad Untuk Siap Berubah Dalam Mensikapi Tantangan Kekinian

BELITUNG – Bupati Belitung H Sahani Saleh, S.Sos mengatakan, Koperasi Indonesia harus memiliki kesiapan dan bekal sumber daya yang handal. Namun, didasari oleh tekad untuk siap berubah dalam mensikapi tantangan kekinian.

Sebab, sebagaimana yang dimaklumi bersama, saat ini tengah berada di era digitalisasi dan Artificial Intelligence (AI) mewarnai kehidupan industri yang merembet pada perilaku keseharian masyarakat.

“Hal ini sejalan dengan arahan pidato Bapak Presiden RI pada peringatan Hari Koperasi Nasional ke-71 pada tahun 2018 lalu,” ujar Sanem sapaan H. Sahani Saleh, S.Sos pada Upacara Bendera Bulanan dalam rangka memperingati Hari Koperasi Nasional ke-72, di Halaman Pemkab Belitung, Senin (29/7) pagi, bertema ‘Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0.

Bupati Belitung mengatakan, tantangan baru yang dihadapi oleh dunia perkoperasian tidak hanya sekedar mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi semata.

Namun menyangkut persoalan mindset dan juga perubahan dalam sistem tata kelola. Dalam konteks itu, maka koperasi harus melakukan reformasi total terhadap sistem kepranataan yang sudah berjalan selama ini.

“Reformasi total yang telah dijalankan dalam rentang waktu lima tahun terakhir ini pada dasarnya mendorong koperasi untuk dapat beradaptasi dan bertransformasi. Yakni, dalam menghadapi lingkungan yang senantiasa berjalan dinamis. Insan koperasi disiapkan untuk mempunyai kreativitas dan inovasi yang tinggi untuk menata organisasi dan strategi bisnisnya,” katanya.

Untuk itu, sambung Bupati Belitung, koperasi sudah saatnya memanfaatkan teknologi digital. Dengan menggunakan platform e-commerce, aplikasi retail online dan pengembangan aplikasi-aplikasi bisnis lainnya.

Halaman selanjutnya