Bulog KCP Belitung Pastikan Persediaan Beras Aman Hingga 3-4 Bulan Kedepan

BELITUNG – Perum Bulog Kantor Cabang Pembantu (KCP) Belitung memastikan persediaan beras untuk wilayah Pulau Belitung aman dalam waktu 3 hingga 4 bulan ke depan. Sebab, stok beras yang tersimpan di Gudang Bulog KCP Belitung saat ini sekitar 510 Ton.

Dilansir dari laman Porostvnews, Kepala Perum Bulog KCP Belitung, Romi Victa Rose menyatakan bahwa stok cadangan beras untuk kabupaten Belitung dan Belitung Timur mencukupi hingga 3-4 bulan ke depan. Saat ini stok beras yang tersimpan di Gudang Bulog KCP Belitung mencapai 510 Ton.

Baca juga :

Rincian stok yang tersimpan tersebut merupakan komoditi jenis beras Medium CBP (Cadangan Beras Pemerintah) dan Beras Premium (Komersial). Sementara rata-rata penyaluran untuk program KPSH (Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga) medium maupun beras jenis premium perbulannya hanya sekitar 140 Ton.

“Rata-rata penyaluran terhadap kedua jenis program tersebut lebih kurang 140 ton perbulannya,” ujar Romi ketika ditemui Porostvnews.com di kantornya, Selasa (12/1/2021).

Menurut Romi, selain memiliki stok komoditi jenis beras, Bulog KCP Belitung juga mempunyai komoditi komersial lainnya. Yaitu daging beku dan tepung terigu. Bahkan saat ini stok daging beku tersedia sebanyak 6 Ton dan tepung terigu 1 Ton.

Lantas, terkait penyaluran komoditi kepada masyarakat di masa pandemi ini, dalam pelaksanaan penyalurannya dilakukan melalui beberapa Distributor dan Rumah Pangan Kita (RPK) yang menjadi mitra binaan BULOG. Saat ini di pulau Belitung (Kabupaten Belitung dan Belitung Timur) terdapat 71 RPK.

“Dimasa pandemi Covid-19 ini, untuk menghindari kerumunan massa pelaksanaan OP/KPSH kami lakukan secara mobile, (yaitu) oleh petugas BULOG, toko atau outlet binaan, yakni RPK,” ujarnya. Romi menambahkan, ketersediaan stok beras di Pulau Belitung ditengah pandemi Covid-19 dipastikan aman dan mencukupi. (iwan/porostv)