Budidaya Ikan Lele Hanya Modal Ratusan Ribu

IKAN lele, adalah sejenis ikan yang hidup di air tawar. Jenis ikan ini mudah dikenali karena tubuhnya licin dan pipih agak panjang. Yang paling mudah mengingatnya, karena memiliki ‘kumis’ yang panjang, mencuat di sekitar bagian mulutnya.

Ikan model ini tak hanya mudah dikenali, tetapi juga mudah didapat. Kita akan dapat menjumpainya, di rumah makan mewah, atau di warung-warung di pinggir jalan. Tidak hanya di kota-kota besar saja, namun hampir terlihat di setiap kabupaten/kota yang jumlahnya kian bertambah.

Baca juga :

Oleh karenanya, ini merupakan salah satu peluang pasar bagi masyarakat setempat. Mereka bisa menjalan usaha budidaya ikan lele tersebut, secara individu maupun kelompok. Bisa pula melibat sanak keluarga sendiri.

Apalagi menjalankan usaha ikan lele ini tak serumit yang dibayangkan, walaupun masa panennya kurang lebih tiga bulan. Kita dapat mencobanya dengan memanfaatkan sekitar pekarangan rumah sendiri misalnya.

Lebih menariknya lagi, modal yang dikeluarkan untuk memulai usaha ini tidak perlu begitu besar. Hanya dengan bermodal uang ratusan ribu saja, sudah bisa melakukan budidaya ikan lele.

Perlu diketahui bersama, harga bibit ikan lele sekarang ini masih tergolong relatif murah. Harga satuannya hanya berkisar Rp300 hingga Rp700 perekor. Tentu ukuran ikan yang didapat juga akan bervariasi.

Halaman selanjutnya