BNNK Belitung Janji Bakal Terus KSK dengan Imigrasi Tanjungpandan

BELTIM – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Belitung berkomitmen bakal terus menerus melakukan koordinasi, sinergi dan kolaborasi (KSK) dengan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungpandan. Termasuk juga berperan dalam Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora). Dengan harapan, Belitung Bebas dari Narkoba.

Sebab, Menurut Plt BNNK Belitung, Dahnial, Tim Pora merupakan bentuk sinergitas beberapa instansi yang masing-masing punya tupoksi berbeda, tapi dipadukan. Hal tersebut, baik dalam bentuk operasi dan pertukaran data.

“Ini nanti yang bakal kita lakukan. Namun, tergantung leading sektor, kapan pelaksanaan dan lain sebagai. Sesuai tupoksi kami, focus kepada orang asing menyalurkan narkoba,” ujar Dahnial kepada dunieusaha.com, di Ruang Pertemuan Hotel Oasis Manggar, Kamis (4/4) siang.

Baca juga :

Kata Dahnial, seandainya nanti pihaknya diikutkan dalam operasi, akan diatur untuk deteksi awal dan tes urine. Setelah mendapatkan data, akan dipastikan apakah orang asing tersebut sedang dalam penyalahgunaan dan lain sebagainya. Namun, leading sektor dalam Tim Pora adalah Imigrasi. Jadi, mereka yang memimpin. Yang lain, masing-masing pasang tupoksi.

Plt BNNK Belitung menambahkan, misalnya dalam operasi Imigrasi nanti menemukan ada yang terindikasi, maka Imigrasi akan menyerahkan kepada kami untuk tindaklanjutnya. Begitu pula sebaliknya, ketika BNNK Belitung melakukan operasi dan ada indikasi keterkaitan dengan orang asing, pihaknya juga akan melaporkan hal tersebut kepada Imigrasi.

“Jadi bentuk sinergitas ini kurang lebih seperti itu. Baik operasi yang dilaksanakan Tim Pora, operasi yang dilaksanakan BNNK Belitung maupun operasi gabungan. Dan, sinergitas ini akan berlanjut terus menerus. Kami akan terus melakukan koordinasi, sinergi, berkolaborasi dan saling mendukung antara institusi yang satu, dengan institusi yang lainnya. Dari sisi kami, harapannya mudah-mudahan dengan ada Tim Pora sinergitas terjalin, sehingga Pulau Belitung ini Bersih dari Narkoba,” harapnya. (rel)