Bekraf RI Kerjasama Dengan Dinas Pariwisata Gelar Acara Temu Bisnis Pelaku Ekraf Belitung

BELITUNG – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) RI bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung menggelar acara Temu Bisnis Pelaku Ekonomi Kreatif, di Hotel BW Suite Belitung, Kamis (11/7) pagi.

Acara, yang dibuka Direktur Akses Perbankan Bekraf RI, Yuke Sri Rahayu tersebut, diikuti sebanyak 100 orang Pelaku Ekonomi Kreatif (Ekraf) Kabupaten Belitung terdiri dari beberapa sub sektor. Diantaranya, Pelaku Kuliner, Fashion, Seni Kriya, Seni Pertunjukkan, Fotografi, Desain Grafis dan lain sebagainya.

Baca juga :

Nara Sumber Temu Bisnis Pelaku Ekonomi Kreatif adalah Hari ‘Soul’ Putra (Perencanaan Keuangan) dan Danu Sofyan (Owner Radja Cendol). Hadir pula, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Hermanto.

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Wiwih Widaningsih mengatakan, maksud dan tujuan kegiatan ini adalah, mendorong pelaku ekonomi kreatif untuk berkembang. Selain itu, memfasilitasi pelaku Ekraf untuk mendapatkan akses permodalan dari perbankan.

“Namun, untuk pelatihan-pelatihan sudah sering kita lakukan, terutama oleh Bekraf mulai tahun 2016 lalu. Dan Insyaallah, ke depan masih akan ada lagi. Karena Kabupaten Belitung, termasuk 18 kabupaten dan kota yang ber-MOU dengan Bekraf,” kata Wiwih kepada dunieusaha.com.

Ia menjelaskan, pelatihan yang sudah pernah dilakukan, yaitu, workshop packaging, managemet keuangan, koding mom, workshop fotograpy, workshop barista, sertifikasi barista, sertifikasi fotografy. Dan tahun 2018 kemarin ada program IKKON pendampingan.

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan Temu Bisnis ini, para pelaku Ekraf kita bisa optimis mengembangkan bisnisnya. Dan, mendapatkan akses permodalan dari perbankkan. Serta, dapat meningkatkan jumlah PAD dari sektor ekonomi kreatif seiring dengan kemajuan pariwisata,” harapnya. (iwan)