Baznas Kabupaten Belitung Salurkan Zakat Pembangunan RLH

//Program Belitung Peduli, Bidang Kemanusiaan

BELITUNG – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Belitung menyalurkan zakat pembangunan rumah layak huni (RLH) kepada Zaenuri, Warga Jalan Gang Abadi, Kelurahan Lesung Batang, Kamis (13/6) pagi.

RLH itu diserahkan langsung Sekda Kabupaten Belitung MZ Hendra Caya, disaksikan langsung Ketua Baznas Kabupaten Belitung Suhardi Ishak, Wakil Ketua II Baznas Kabupaten Belitung Hariadi dan Lurah Lesung Batang Arbed Febrianto.

Baca juga :

“Sebenarnya program kita ada lima, yaitu Belitung Sehat, Belitung Cerdas, Belitung Peduli, Belitung Taqwa dan Belitung Makmur. RLH ini, kegiatan Belitung Peduli, Bidang Kemanusiaan. Tetapi untuk asnafnya, termasuk golongan penerima zakat fakir miskin,” kata Ketua Baznas Kabupaten Belitung Suhardi Ishak kepada dunieusaha.com.

Menurut Suhardi, data awal golongan penerima zakat fakir miskin tersebut, berasal dari desa/kelurahan. Yaitu, melalui surat keterangan kemiskinan yang dikeluarkan desa/kelurahan setempat. Setelah itu, dibahas dalam angket internal, sebelum ditentukan kebenarannya. Dan menentukan kategori miskin atau fakir.

“Berdasarkan tinjauan awal, ternyata rumah tersebut benar tidak layak huni. Oleh karena itu, kami lakukan rehab. Dan yang kita perbaiki adalah bagian depan, dengan ukuran 5,5 Meter x 5,5 Meter. Sedangkan, bagian dapur dan kamar mandi tidak. Karena bagi mereka ada sejarah tersendiri,” ujarnya.

Ketua Baznas Kabupaten Belitung menjelaskan, RLH tersebut dibangun dengan uang zakat yang dikumpulkan Baznas Kabupaten Belitung. Dengan biaya sebesar Rp29.780.000,00.

Baca Halaman Selanjutnya…

Halaman selanjutnya