Arifin Berhasil Lewati Operasi Tahap Pertama

//Dr Hendra : Alhamdulillah Operasi Pertamanya Sudah Selesai dan Sukses
//Wabup Belitung Eksekusi Solusi
Arifin operasi tahap pertama

BELITUNG – Arifin balita usia 4 tahun yang menderita penyakit Hisprung Disease berhasil melewati operasi tahap pertama. Arifin melewati operasi tahap pertamanya, di kamar operasi bedah sentral RSUD dr H Marsidi Judono Kabupaten Belitung, Sabtu (12/1) sekitar Pukul 11.00 WIB. Ia ditangani Tim Dokter yang terdiri atas dokter bedah dr. Widodo SpB, dokter anestesi dr. Hendra, SpAn, asisten operator dan penata anestesi.

“Alhamdulillah operasi pertamanya sudah selesai dan sukses. Untuk tahap kedua menunggu proses pemulihan dan mengoreksi status gizi pasien. Apabila sudah normal sesuai usianya baru direncanakan operasi kedua,” kata Direktur RSUD dr H Marsidi Judono Kabupaten Belitung dr Hendra, SpAn kepada dunieusaha.com.

dr Hendra, SpAn menjelaskan, pasien sudah sejak bayi mengalami penyakit kelainan usus besar tersebut. Jika penyakit tersebut tidak ditangani secara medis segera, khawatir akan mengalami gangguan tumbuh kembang, Ileus obstruktif, peritonitis. Bahkan, sampai bisa terjadi sepsis yang dapat menyebabkan komplikasi yang parah kalau sampai kotoran di dalam usus tidak dapat keluar.

“Untuk itu, operasi tahap pertama dilakukan kolostomi. Yang kedua nanti operasi pullthrough, yaitu menarik usus besar yang terdapat kelainan persarapan ke arah anus. Supaya usus besarnya menjadi normal kembali,” terangnya.

Wabup Belitung Eksekusi Solusi

Wakil Bupati (Wabup) Isyak Meirobie mengirim tim untuk mendampingi dan memantau kondisi terkini Arifin balita yang menderita Hirschprung atau masalah pada usus.

Isyak Meirobie mengatakan, tim ini khusus diturunkan untuk memastikan bahwa Arifin bisa ditangani dengan baik sampai proses rujukan dilaksanakan.

“Jadi tim ini kita split untuk membantu proses rujukan sampai dengan koordinasi dengan pihak RSUD H Marsidi Judono untuk penanganan medis awal,” kata Isyak.

Isyak menjelaskan, Sabtu, (12/1) Pagi, Pukul 09.00 WIB operasi pertama Arifin telah selesai dilakukan dan dianggap berhasil. Operasi ini bertujuan untuk mengeluarkan kotoran yang tersumbat di dalam perut Arifin.

Wabup Isyak juga mengajak seluruh pihak terkait untuk bersama bekerja dalam mensukseskan program SEHATI (Sistem Pelayanan Kesehatan Yang Terintegrasi). Agar bisa segera di launching ke masyarakat. Sehingga, masyarakat yang membutuhkan pelayanan medis rujukan, tidak mengalami masalah seperti yang dialami Arifin.

Pada kesempatan yang sama, Wabup juga mengucapkan terima kasih dan apresiasinya kepada pihak-pihak yang sudah bekerja keras.

“Terima kasih kepada Direktur RSUD, para dokter spesialis terkait dan pihak terkait lain yang sudah bekerja bersama sebagai sebuah tim dalam memberikan solusi atas penanganan diatas. Ini bukti jika kita mau berubah kita bisa dan kita hebat jika bersama sama,” ungkapnya. (rel)