Alhamdulillah, Kebun Nanas BUMDesa Badau Sudah Mulai Memasuki Masa Panen

BELITUNG – Perkebunan buah nanas milik Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Mitra Sejahtera Desa Badau, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung, sudah mulai memasuki masa panen buah pertama.

Namun, bagi masyarakat yang ingin merasakan buah nanas hasil dari Perkebunan BUMDesa Badau ini harus bersabar lebih dulu. Sebab, masa panen buah pertama tersebut masih belum merata. Karena dari sekitar 12.000 pohon yang ditanam diatas lahan sekitar satu hektar itu, baru sebagiannya yang bisa dipetik.

Baca juga :

Kepala Desa (Kades) Badau, Hermawan mengucapkan syukur alhamdulillah, buah nanas hasil dari Perkebunan BUMDesa Badau sebagiannya sudah ada yang bisa dipanen. Meski jumlahnya tidak terlalu banyak, tetapi paling tidak hasil kerja keras BUMDesa Badau sudah mulai terlihat.

“Sekitar satu atau dua minggu yang lalu, kami sudah mulai mencobanya. Waktu itu ada sekitar 16 buah yang kita panen. Kita jual seharga Rp10Ribu/buah. Uang hasil penjualan buah nanas tersebut kita setorkan ke Kas Bumdesa Badau,” kata Hermawan, Jum’at (7/2) sore.

Menurut Hermawan, panen buah pertama ini tidak merata. Ada yang memang betul-betul sudah bisa dipanen, namun ada juga yang belum karena masih mentah dan belum tumbuh tunas buahnya.

“Kalau yang masih mentah ini mungkin sekitar satu bulan atau lebih baru bisa dipanen. Begitu juga yang belum tumbuh tunas buahnya. Yang pasti, dan kita lihat bersama tanaman buah nanas disini subur,” ujarnya.

Halaman selanjutnya