Alhamdulillah, Geopark Belitong Resmi Ditetapkan Sebagai UNESCO Global Geopark

Geopark Belitong resmi ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark pada sidang ke 211 Dewan Eksekutif UNESCO yang diselenggarakan secara virtual dipimpin dari Paris, Kamis (15/4/2021).

Dikutip melalui realese resmi Jum’at (16/4/2021), pada sidang tersebut, bersama geopark Belitong, terdapat 7 nominasi lain yang direkomendasikan oleh UNESCO Global Geopark Council (UGGC) untuk diinskripsi sebagai UNESCO Global Geopark baru. Sidang UGGC sendiri berlangsung pada tanggal 8-9 Desember 2020. Pandemi Covid-19 menyebabkan UNESCO Global Geopark Council tidak bisa mengevaluasi seluruh aplikasi geopark yang sudah diajukan.

Baca juga :

Geopark Belitong, yang terletak di Provinsi Bangka Belitung menjadi salah satu prioritas dalam pembahasan dan berhasil mendapatkan rekomendasi positif untuk dimasukan ke dalam daftar UNESCO Global Geopark.

UNESCO mengakui keberagaman geologis di Pulau Belitung dan kepulauan disekitarnya. Keberagaman tersebut termasuk lanskap, bebatuan, mineral, proses geologis dan tektonik serta evolusi bumi di Belitung.

Geopark Belitong juga dinilai memiliki keunikan dengan adanya keterkaitan kuat antara aspek geologis, biologis dan budaya.

Lanskap geologi Pulau Belitung yang unik, menjadi rumah bagi berbagai flora dan fauna yang diantaranya hanya ditemukan di Belitung. Seperti ikan Hampala dan ikan Toman. Keanekaragaman hayati tersebut digunakan oleh masyarakat Belitung di antaranya dengan pemanfaatan tanaman herbal.

Baca Halaman Selanjutnya…

Halaman Selanjutnya