Air Batu Buding Dinilai Tim Lomba Desa Tingkat Kabupaten Belitung

//Isnanto : Kami Siap Kalah dan Siap Menang

BELITUNG – Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Kabupaten Belitung 2019 melakukan penilaian di Desa Air Batu Buding, Kecamatan Badau, Senin (11/3) pagi. Penilaian ini dipimpin langsung Kepala DPPKBPMD Kabupaten Belitung Nurman Sunanda selaku ketua tim.

Namun, DPPKBPMD tak bekerja sendirian. Mereka dibantu, Dinkes, Disdikbud, Satpol PP, Tim Pengerak PKK, Bagian Pemerintahan dan Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Belitung.

Baca juga :

Penilaian jatuh pada Desa Air Batu Buding, karena desa tersebut adalah Pemenang Evaluasi Perkembangan Desa Tingkat Kecamatan Badau Tahun 2019. Penetapan itu, berdasarkan Surat Keputusan Camat Badau Nomor : 140/015/KEP/KEC.BD/2019, yang dikeluarkan tanggal 21 Februari lalu.

Nurman Sunanda mengatakan, pelaksanaan lomba desa dan kelurahan tingkat Kabupaten Belitung untuk menjaring dan menyaring desa dan kelurahan terbaik disetiap kecamatan.

Ada pun pelaksanaan penilaian, dilaksanakan dengan memperhatikan semua lampiran yang terdapat pada Permendagri Nomor 81 Tahun 2015. Yaitu, lampiran I instrumen pemantau. Lampiran II instrumen pengungkap data dan nilai perkembangan desa dan kelurahan. Serta, lampiran III laporan evaluasi perkembangan desa dan kelurahan dari tingkat kecamatan.

“Ini dilaksanakan setelah menerima hasil lomba desa dan kelurahan tingkat kecamatan. Selanjutnya, tim penilai kabupaten melakukan analisis dan validasi data, desa dan kelurahan dari Juara tingkat kecamatan tersebut. Yang meliputi tahapan penilaian administrasi, klarifikasi lapangan dan pemaparan. Sedangkan sistematika penilaian untuk setiap tahapan dengan memperhatikan indikator dalam Permendagri Nomor 81 Tahun 2015,” kata Kepala DPPKBPMD Kabupaten Belitung.

Halaman selanjutnya