96 Peserta Ikuti Pelatihan Berbasis Masyarakat DKUKMPTK Belitung

BELITUNG – Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Tenaga Kerja (DKUKMPTK) Kabupaten Belitung menggelar Pelatihan Berbasis Masyarakat Tahun Anggaran (TA) 2019. Pelatihan ini dibuka langsung oleh Kepala DKUKMPTK Kabupaten Belitung Adnizar, di Graha Resto Tanjungpandan, Senin (7/10) pagi.

Kabid Naker DKUKMPTK Kabupaten Belitung, Budi Swasta Kartiman menjelaskan pelatihan berbasis masyarakat tersebut berupa kejuruan meliputi Perhotelan Housekeeping, Perhotelan Food and Beverage Service, Pemandu Wisata, Service Air Conditioner (AC), Editing Film dan Perakitan Komputer.

Baca juga :

“Kegiatan ini akan berlangsung selama sepuluh hari ke depan. Mulai tanggal 7 hingga 18 Oktober 2019. Untuk jumlah pesertanya sebanyak 96 orang. Mereka merupakan putra/putri daerah dari berbagai desa dan kelurahan Se Kabupaten Belitung,” kata Budi Swasta Kartiman kepada dunieusaha.com.

Lebih rinci Budi Swasta Kartiman menjelaskan, 96 peserta tersebut terdiri dari 20 peserta perhotelan housekeeping. 20 peserta perhotelan food and beverage service. 20 peserta pemandu wisata. 16 peserta Service AC. 10 peserta perakitan komputer dan 10 peserta editing film. Porsi pelatihan ini, 30 persen teori dan 70 persen praktek.

“Pendaftaran tidak dipungut biaya alias gratis. Sebab pelaksanaannya sudah ditanggung oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Malah peserta kita kasih fasilitas, baju kaos pelatihan, tas beserta perlengkapan, sertifikat pelatihan,modul pelatihan dan lain sebagainya. Termasuk penginapan disiapkan bagi yang jauh,” tegasnya.

Budi Swasta Kartiman menambahkan, 96 peserta tersebut nantinya bakal disebar untuk mengikuti diberbagai Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS) yang ada di Tanjungpandan. Untuk Perhotelan Housekeeping dan Perhotelan Food and Beverage Service misalnya, akan ditempatkan di Belitong Inn Hotel dan LPKS CEC.

Halaman selanjutnya