82 WBP Lapas Tanjungpandan Dapat Remisi Khusus Idul Fitri

BELITUNG – Sebanyak 82 warga binaan pemasyaratan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tanjungpandan mendapatkan remisi khusus pada Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah.

Dari 82 orang tersebut, sebanyak 15 orang menerima remisi 15 Hari, 46 orang menerima remisi selama 1 Bulan, 16 orang menerima remisi selama 1 Bulan 15 Hari dan 1 orang menerima remisi selama 2 bulan.

Baca juga :

Penyerahan remisi khusus idul fitri tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Lapas Kelas IIB Tanjungpandan, Romiwin Hutasoit, SH, MH kepada perwakilan WBP yang menerima remisi untuk lebaran tahun ini, Minggu (24/5/2020).

Kasi Binapi Giatja Lapas Kelas IIB Tanjungpandan, Heri S.AP menjelaskan, yang berhak mendapatkan remisi khusus idul fitri adalah WBP yang telah memenuhi persyaratan. Seperti beragama Islam dan telah memenuhi persyaratan administratif serta substantif.

Selain itu, mereka juga telah menjalani pidana minimal enam bulan, serta tidak terdaftar pada register F atau buku catatan pelanggaran disipilin narapidana. Kemudian aktif mengikuti program pembinaan di Lapas, berkelakuan baik selama kurun waktu remisi berjalan.

“Sebab untuk tindak pidana terkait PP 99 Tahun 2012 Pasal 34A tetap harus menjalani pidana minimal enam bulan dengan melampirkan syarat-syarat sesuai ketentuan,” ujarnya. (iwan/rel)