16 Desa Wisata Belitung Yang Sayang Dilewatkan untuk Berwisata

Desa wisata kini menjadi destinasi pilihan baru bagi wisatawan. Banyak sekali daerah-daerah yang ingin mengembangkan dan membangun sektor kepariwisataan melalui desa wisata, dengan menyajikan berbagai keindahan dan keunikan tersendiri untuk wisatawan.

Sebab, desa wisata adalah bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku.

Baca juga :

Belitung yang kini termasuk salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata dari 10 Destinasi Pariwisata Prioritas Nasional Tahun 2016 lalu, kini juga tengah giat-giatnya mengembangankan dan membangun desa wisata.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Tahun 2019, daerah yang sering disebut Negeri Laskar Pelangi ini sudah mempunyai sebanyak 16 desa wisata. Kehadiran desa wisata ini, tentu membawa dampak baik bagi perekonomian. Khususnya bagi masyarakat sekitar desa tersebut.

Konsep ini berkaitan erat dengan Community Based Tourism (CBT). Sebab, CBT adalah sebuah konsep pengembangan komunitas yang akan menguatkan kemampuan komunitas masyarakat di pedesaan dalam rangka mengatur potensi sumber daya pariwisata yang tersedia sambil memastikan keterlibatan komunitas local dalam kegiatan tersebut.

Berikut Daftar Desa Wisata Kabupaten Belitung Tahun 2019 :

1.Tanjungpendam

Desa Wisata Tanjungpendam beralamat di Kelurahan Tanjungpendam, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung. Basis Desa Wisata ini adalah alam, yang memiliki daya tarik utama panorama pantai. Saat ini, Desa Wisata Tanjungpendam sudah masuk tingkat perkembangan yang berpotensi.

Halaman selanjutnya